Kamis, 04 Oktober 2012

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER


BAB 5: DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

















KATA PENGANTAR


         Segala puji bagi ALLAH yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
               Makalah ini disusun agar pembaca dapat lebih mengetahui tentang dasar-dasar pemprosesan komputer yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari ALLAH akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
             Makalah ini memuat tentang “dasar-dasar pemprosesan komputer” dan Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.
       Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.





Penulis
















BAB 1


PENDAHULUAN




1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
      Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
    Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir di segala bidang menggunakan computer. Baik dalam pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan computer sebagai alat pemproses transaksi dan lain-lain. Pemrosesan computer merupakan dasar-dasar atau langkah bagaimana sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user


1.2 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka rumusan masalah yang diambil adalah tentang dasar-dasar pemrosesan computer.


1.3 BATASAN MASALAH
Agar pembahasan masalah mengenai “Dasar Pemrosesan Komputer “, tidak meluas maka penulis telah membuat batasan – batasan yang akan di bahas dalam makalah ini antara lain sebagai berikut :
1. Peralatan Input Komputer
2. Pemrosesan Komputer
3. Penyimpanan Komputer
4. Peralatan Output Komputer
5. Software Komputer
6. Peranan I/O & software dalam pemecahan masalah


1.4 TUJUAN
Tujuan dari penulisan makalah ini di harapkan penulis maupun pembaca dapat mengetahui bagaimana computer dapat bekerja dengan baik, dan dapat mengetaui tentang dasar-dasar pemrosesan komputer.







BAB 2


PEMBAHASAN



2.1 ARSITEKTUR KOMPUTER


    CPU merupakan tempat unit penyimpanan primer, unit aritmetik dan logis, dan unit control. Penyimpanan primer menyimpan instruksi program yang dapat dijalankan dan data yang di proses oleh instruksi tersebut. Unit aritmetik dan logis (ALU) menjalankan operasi aritmetik dan logis yang di prakarsai oleh instruksi. Unit control menjadikan instruksi dapat dijalankan dengan urutan yang tepat.
Sistem komputer juga mempunyai satu atau lebih unit penyimpanan sekunder dan seleksi unit input dan unit output. Sistem komputer kecil hanya mempunyai beberapa unit ini dan system komputer yang lebih besar dapat mempunyai ratusan.
Ada tiga point penting yang berhubungan dengan seleksi konfigurasi komputer tertentu. Yang pertama, seleksi didasarkan pada aplikasi yang akan dilakukan. Sebagai contoh, unit yang merupakan komputer rumah sakit akan sangat berbeda dengan yang ada di bank atau supermarket. Yang kedua, seleksi dibuat oleh pemakai, biasanya dengan bantuan spesialis informasi. Agar pemakai dapat melakukan tugas ini ia harus mempunyai pemahaman mengenai komputer maupun informasi. Yang ketiga, jika perusahaan telah menerapkan kebijaksanaan resmi mengenai manajemen sumber informasi, seleksi harus sesuai dengan kebijaksanaan tersebut.
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :

  • Prosesor
  • Memori
  • Penyimpanan sekunder
  • Perangkat Input
  • Perangkat Output
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran beberapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.

A.UNIT INPUT
1. KEYBOARD
Memasukkan data dengan cara menekan tombol- tombol yang tepat, mirip mesin ketik yang sebagian besar dilengkapi dengan tombol tambahan.
2. ALAT PENUNJUK
* Mouse, suatu alat kecil & ringan yg memiliki suatu bola kecil dibawahnya & memiliki 1, 2 atau 3 tombol di atasnya dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel halus.
* Trackball, suatu alat penunjuk dimana menggerakkan kursor dgn cara memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tsb.
* Touch screen, memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan lain.
* Light pen, untuk menunjuk pada layar.
* Unit remote control.
3. ALAT PEMBACA OPTIS
Membaca data dengan menyinari suatu sinar terang diatas data photoelectric disebelah unit pembaca optis (scanner).
4. ALAT PEMBACA MAGNETIK
5. BERBICARA PADA KOMPUTER
* Pengenal suara jenis speaker independent system dimana proses pengenalannya didasarkan pada bagaimana kita berbicara dari pada apa yang dikatakan.
* Teknik ini pun mampu mengenal pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun.
B.PEMROSESAN PUSAT dan PENYIMPANAN SEKUNDER

1.PENYIMPANAN PRIMER
  •  Penyimpanan komputer (computer storage) ada dua bentuk dasar yaitu primer dan sekunder.

  •  Penyimpanan primer biasanya disebut main memori.
  •  Tehnologi IC untuk menyediakan random access memori (RAM) yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data
  •  Read Only Memori (ROM) untuk menyimpan material sepertiintruksi pada saat komputer dinyalakan dan cache memori.
2.PEMROSESAN PUSAT & PENYIMPANAN PRIMER:

1. RAM (Random Access Memory)
  •  IC yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yg digunakan utk menyimpan software & data
  •  RAM memungkinkan operasi baca maupun tulis
  •  Mempunyai sifat mudah hilang (volatile) karena isinya hilang saat daya listrik dimatikan
2. ROM (Read Only Memory)
  •  Jenis khusus penyimpanan primer dapat dibaca tapi tidak dapat ditulis.
  •  Untuk menyimpan material seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukannya saat dinyalakan.
  •  Bersifat tidak mudah hilang (nonvolatile) yaitu isinya tidak terhapus saat daya listrik sistem dimatikan.
3. Cache Memory
  • RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal yang ditempatkan di antara RAM biasa dan processor
  •  Isi cache memory diperiksa oleh processor sebelum mencari instruksi program/data di RAM biasa
  • Jika Cache Memory mempunyai isi yang diperlukan, pengambilan dapat dilakukan lebih cepat daripada jika RAM biasa dilibatkan
3.PENYIMPANAN SEKUNDER
  1.  Pita magnetic : real tape dan tape cartridge
  2. Hard disk : removable dan non removable
  3. Floppy disk
  4. Piringan optic : CD, DVD
  5. USB Flash disk
  6. Smart card
  7. Kartu memori



C.UNIT OUTPUT
Bentuk akhir dari pemrosesan komputer adalah beberapa bentuk output dan menampilkan pilihan, yaitu : yang dicetak, grafik, mikrofilm, kartu berlubang, dan yang diucapkan.
>> Output yang ditampilkan
  •  Peralatan output yang paling terkenal dengan pemakai akhir (end user) adalah Display Screen yang disebut CRT yg dikemas dengan keyboard.
  •  Kelemahan dari layar tampilan yaitu : ketidakmampuan untuk menghasilkan copy pada kertas, yang disebut Hard copy.

>> Output yang Di Cetak
  •  Peralatan output yang disebut printer menghasilkan hard copy.

>> Output Grafik
  • Beberapa pemakai komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik.
  • Peralatan khusus yang disebut plotter yang disambungkan dengan CPU ataupun beroperasi secara offline, dapat menghasilkan output grafik pada ukuran normal atau pada kertas yang besar.

>> Output Mikrofilm
  •  Komputer dapat menggunakan unit Computer Output Microfilm(COM) untuk menciptakan microfilm ataupun microfiche.
  •  Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang difilmkan tersebut.
  •  Microfilm printer dapat digunakan untuk menghasikan hard copy.

>> Output Kartu Berlubang
  •  Beberapa konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang.
  •  Output Audio
  •  Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat didengar sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi.
sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi.

2.3 SOFTWARE


  • Sistem Operasi
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar yaitu:1. Keluarga Microsoft Windows- yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada tahun 2012 atau lebih lambat)).2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion). Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputermenggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.


  • Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.




2.3 PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH


                Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data. Beberapa paket industri mempunyai kemampuan di atas pemrosesan data. Mereka dapat menghasilkan informasi dalam berbagai bentuk dan beberapa diantaranya mempunyai kemampuan untuk membuat model. Paket ini, ditambah dengan paket penunjang keputusan, memberikan dukungan pemecahan langsung kepada manajer.


PERANAN PERALATAN INPUT/OUTPUT DALAM PEMECAHAN MASALAH:

  •  Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam memberikan komunikasi antara manager dengan komputer.
  • Peralatan input, seperti unit MICR dan OCR memberikan cara untuk memasukkan data kedalam database, baik ketika terjadi transaksi atau tak lama kemudian.
  • Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak langsung.
  • Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan informasi dari rekaman microfilm dan kemudian menampilkan ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.
  • Perangkat Lunak system (system software) melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai suatu computer. Tugas-tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan aplikasi yang dilaksanakan perusahaan.
  • Perangkat Lunak Aplikasi membantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptualperusahaan. Hal ini ditempuh dalam dua cara, yaitu membuat program sendiri (customprogramming) atau membeli paket jadi (prewritten package).
Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat berperan langsung atau tidaklangsung dlam pemecahan masalah. Perangkat lunak system tidak berperan langsungdikarenakan perangkat ini tidak dibuat untuk operasi tertentu dari pemakai. Perangkatlunak aplikasi, sebaliknya, dapat berperan langsung atau tidak langsung. Sebagian perangkatlunak apliksi peningkatan produktivitas organisasi dan perorangan hanya berpengaruh tidaklangsung pada pemecahan masalah, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisidata. namun, perangkat lunak produktivitas lain seperti spreadsheet elektronik, paketanalisis statistic dan perkiraan, sertra manajemen proyek memberikan dukungan langsung








BAB 3


PENUTUP


3.1 KESIMPULAN

   Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa di dalam komputer terdapat sebuah komponen – komponen yang semunya berintegrasi / saling bekerja sama dan membuat suatu sistem pemrosesan. Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya.


3.2 DAFTAR PUSTAKA
  •    http://gapra.files.wordpress.com/2008/11/dasar-dasar-pemprosesan-komputer.pdf
  •    http://imammagribi.wordpress.com/2011/09/24/dasar-dasar-pemrosesan-komputer/
  •    http://trialagung.blogspot.com/2011/10/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar