Senin, 01 Oktober 2012

BAB 3:MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN



MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN 


SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 1




DISUSUN OLEH :
Rahmat Nur Setiaji
35111788
2DB01


D3 MANAJEMEN 


INFORMATIKA





UNIVERSITAS GUNADARMA 










KATA PENGANTAR



              Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga saya berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN 
        Makalah ini berisikan tentang model sistem umum perusahaan serta konsep dasar model sistem umum perusahaan.Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang model sistem umum perusahaan.
                Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

             Akhir kata,saya mengucapakan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin. 










 
Depok,1 Oktober 2012

 

 

 

Penyusun










BAB 1


PENDAHULUAN




1.1 LATAR BELAKANG
         Model Sistem Umum Perusahaan dapat dikatakan juga sebagai Bentuk atau Alur dari sebuah perusahaan,dimana perusahaan tersebut mempunyai cara untuk mengatur dalam hal apa saja dalam kegiatan perusahaan,seperti dalam komunikasi,memperkirakan planning untuk kedepannya bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan perusahaan dalam mencapai sebuah Misi nya atau tujuan dari perusahaan tersebut. Berikut ini saya akan menjelaskan arti atau pengertian dari Model system umum di dalam sebuah perusahaan,di dalam pembahasan.



1.2 TUJUAN
          Agar Mahasiswa mengetahui model sistem umum perusahaan dan penggunaan model sistem tersebut.



BAB 2


PEMBAHASAN



2.1 Pengertian Model


         Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.

2.2 JENIS-JENIS MODEL :

  •  Model Fisik ; penggambaran/ bentuk-bentuk entitas dalam bentuk 3 dimensi.
  •  Model Naratif ; menggambarkan entitas secara lisan atau tulisan.
  •  Model Grafik ; menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau symbol.
  •  Model matematika ; sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Keunggulannya, ketelitian dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.


2.3 Kegunaan Model

         Mempermudah Pengertian, suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam cara yang sederhana. Mempermudah Komunikasi, setelah problem solver mengerti entitasnya, pengertian itu sering pula dikomunikasikan pada orang lain. Memperkirakan Masa Depan, ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain.




2.4 Konsep dasar model sistem umum perusahaan

1.Sistem Simpul tertutup.

Sistem yang mempunyai simpul feedback & mekanisme kontrol.

Perusahaan bisnis yang memiliki simpul feedback & mekanisme kontrol. Simpul feedbacknya adalah informasi. Mekanisme kontrolnya adalah manajemen perusahaan. Manajemen menggunakan informasi sebagai dasar untuk membuat perubahan dalam sistem fisik.



2.Sistem simpul terbuka.

Sistem yang tidak mempunyai simpul feedback & mekanisme kontrol.

Contoh : Pemanas ruang listrik yang kecil & tidak mempunyai mekanisme pengaturan sendiri untuk memberikan temperatur ruang yang tetap. Bila pemanas ini dipasang maka akan mengeluarkan panas yg banyak atau sedikit.





2.5 Penggunaan Model Sistem Umum


Model Sistem Umum Merupakan suatu diagram grafik beserta narasi yang menggambarkan semua organisasi secara umum,dengan menggunakan kerangka kerja sistem.

Contoh Penggunaan Model Sistem Umum
Pasar swalayan
Arus Material: barang-barang yang akan dijual.
Arus Personil : Manajer took,pegawai gudang,kasir.
Arus Uang: Pemasukan yang disediakan oleh pembeli dan Pengeluaran kepada pemasok,pegawai dan pemilik.
Sumber daya mesin : Lemari pendingin,kotak peraga,rak-rak,dan computer.
Proses transformasi: Pembungkusan Barang,mengatur barang di rak.
Elemen manajemen system konseptual: Manajer Toko dan asisten.
Pengolah informasi: Komputer dan pembaca beserta kasir.



Bab 3

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dari informasi pada artikel diatas. dapat disimpulkan bahwa model adalah syarat mutlak bagi sistem perusahaan agar perusahaan tersebut dapat terorganisir dengan baik. dengan banyaknya pengertian dan kegunaan daripada model. akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. terutama untuk memberikan Pengertian, Mempermudah Komunikasi, dan Memperkirakan Masa Depan yang cerah bagi perusahaan tersebut




3.2 Daftar Pustaka




Tidak ada komentar:

Posting Komentar