Analisis Kinerja Sistem
Nama Kelompok : Rahmat Nur S.
                              Arief Maulana
                              Akbar Rivai
Sistem
Informasi Penerimaan Peserta Didik
Latar Belakang : 
      Sejak  ditemukannya, 
sekitar  tahun  1940-an, 
komputer   telah  menjadi 
sebuah  teknologi tersendiri  dan 
maju  dengan  pesatnya. 
Dengan kemajuannya,  komputer
telah  berperan  pada segala 
aspek  kehidupan  manusia. 
Dengan bantuan  komputer,  kegiatan 
manusia  dalam mengakses  informasi 
dapat  lebih  cepat, 
tepat, akurat,efektif dan efisien.Komputer juga telah mendukung kegiatan
di  bidang   pendidikan. 
Berbagai  kegiatan pendidikan  telah 
mendapat  dukungan  dari komputer,  misalnya 
:  kegiatan  administrasi pendidikan,  kegiatan 
proses  belajar  mengajar, kegiatan penyusunan materi ajar.
Pada  kegiatan  administrasi 
pendidikan, khususnya 
administrasi siswa  baru  yang 
akan diterima  suatu  sekolah, 
perlu  mendapat dukungan  dari 
komputer.  Mulai  dari 
kegiatan pendaftaran,  pencatatan
data,  sorting  nilai, penentuan  rangking 
dan  pembuatan  jurnal penerimaan,  semuanya dapat  dilakukan 
oleh komputer. Bahkan, pelayanan kegiatan ini dapat dilakukan  secara 
parallel  pada  berbagai komputer secara on-line(terhubung).
Pada  Tahun  Ajaran 
2005/2006  jajaran Kantor  Dinas 
Pendidikan Kota  Semarang  telah mengadakan  kegiatan 
penerimaan  peserta  didik dengan 
sistem  yang  berbasiskan 
komputer. Namun,  kegiatan  ini 
banyak  menemui  kendala, terbukti  dengan 
banyaknya  komplain   dari orangtua peserta didik dan lambatnya
informasi mengenai jurnal penerimaan peserta didik pada setiap  sekolah. 
Ini  dapat  diketahui 
dari pemberitaan  di  media 
massa yang ada di Kota Semarang. Melihat 
latar belakang  diatas  maka 
perlu kiranya  diadakan  penelitian 
mengenai   kendala yang  dihapadapi 
dalam sistem  informasi  yang berbasis komputer tersebut.
Tujuan : 
1.  Mencatat 
dan  menginventaris  hal-hal 
yang berkenaan dengan pemakaian komputer padakegiatan  PPD 
di  lingkungan  Dinas Pendidikan Kota Semarang .
2.  Membuat 
evaluasi  tentang  Sistem 
Informasi kegiatan  PPD  di 
lingkungan  Dinas Pendidikan Kota
Semarang 
3.  Merangkum  
pemenuhan  kepuasan  para pengguna komputer dalam Sistem Informasi
kegiatan  PPD  di 
lingkungan  Dinas Pendidikan Kota
Semarang 
4.  Membuat 
laporan  tentang  evaluasi 
kegiatan Sistem  Informasi  PPD 
di  lingkungan  Dinas Pendidikan Kota Semarang.
Metodologi :
- Perumusan Masalah dan Objek Penelitian
- Penentuan Disain Riset
- Analisis & Interpretasi Data
Hasil :
      Dari hasil
pengumpulan data ( sebanyak 7 responden 
)  terlihat  bahwa 
penyusunan  Sistem TI  untuk 
PPD  Diknas  Kotas 
Semarang  banyak kekurangannya. Terutama
jika diulas dari sudut pandang  ilmu  komputer. Untuk  itu, 
berikut  ini disajikan  pembahasan  hasil 
penelitian  dari  data yang 
telah  ada.   Pembahasan 
ini  diambil  dari berbagai 
sumber,  berdasarkan  pembelajaran yang  diberikan 
pada  mahasiswa  di 
Universitas Sitkubank  Semaran  pada 
mata  kuliah  Analisis Kinerja Sistem, mata kuliah Rekayasa
Perangkat Lunak,  mata  kuliah 
Testing  dan  Implementasi Sistem Informasi. Buku Petunjuk telah  jelas 
memberikan  petunjuk  bagi seluruh 
panitia  PPD  khususnya 
pihak  Kepala Sekolah di
masing-masing sekolah. 
Kesimpulan:
1. Kinerja
Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik 
pada  Kantor  Dinas 
Pendidikan Semarang  Tahun  Ajaran 
2005/2006  tidak seperti  yang 
diharapkan, sehingga  pada  saat yang dibutuhkan untuk memberi jurnal
siswa yang  diterima  di 
setiap sekolah  SMP  dan SMA 
di  Kota  Semarang 
tidak  dapat dihasilkan. 
2.  Banyak 
factor  yang mempengaruhi  dari kinerja 
tersebut,  misalnya  : 
kesiapan provider  TI  (PT 
SCGI)  yang  tidak mempunyai  perencanaan 
yang  matang, dukungan  hardware, 
software,  &  brainware masing-masing  sekolah berbeda,  tahapan rekayasa  software 
(sosialisasi,  tahap  testing, tahap  implementasi) 
tidak  dijalankan  secara benar. 
3.  Terjadi 
perbedaan  yang  mencolok antar berbagai  sekolah 
ditinjau  dari  sisi hardware, s oftware dan brainware. 
4.  Usaha 
TI  PPD  di 
lingkungan  Dinas  Kota Semarang 
perlu  didukung  untuk 
masamendatang,  karena  akan memberi 
manfaat yang besar bagi masyarakat luas. 
5.  Dengan 
TI  PPD  diharapkan 
setiap  siswa yang  berprestasi 
dapat  melanjutkan  di sekolah negeri yang dipilihnya, karena ada
2 (dua) buah pilihan. 
6.  Sekolah swasta akan memperoleh siswa yang
tidak  diterima  di  
sekolah  negeri  untuk rangking nilai NEM yang jelek.
Rangkuman dan Hasil Pembelajaran :
1.  Perlu 
diupayakan  suatu langkah  yang 
tepat dan  terpadu  agar 
proyek  TI  PPD 
tersebut dapat tetap berlangsung di tahun mendatang. 
2.  Perlu ditunjuk tim khusus sejak awal (boleh
dari  dalam  atau 
luar  lingkungan  dinas pendidikan)  untuk 
meneruskan  upaya  TI PPD di tahun mendatang.
3.  Tahapan 
dalam  rekayasa  software 
harus dijalankan dengan tepat dan benar, sehingga segala  komponen 
harus  dilibatkan  sejak awal. 
4.  Perlu 
diteruskan  usaha untuk  komputerisasi hasil  PPD 
di  lingkungan Dinas  Pendidikan Kota  Semarang, 
dengan  maksud  untuk pelayanan  yang 
prima kepada  masyarakat luas,
secara adil dan transparan. 
5.  Perlu 
diajak  lembaga  pendidikan 
komputer di kota Semarang, agar dapat menekan biaya 
6.  Perlu 
diupayakan  agar hardware,  software, dan 
brainware  pada  setipa 
sekolah  di  Kota Semarang 
tidak  mengalami  perbedaan 
yang mencolok.
Sumber: Download disini 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar