Selasa, 29 Oktober 2013

SIMBOL PEMROSESAN DAN ARTINYA

SIMBOL PEMROSESAN & ARTINYA





1.Symbol Process


Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer.Menyatakan kegiatan yang akan ditampilkan dalam diagram alir.Simbol ini digunakan untuk melambangkan kegiatan pemrosesan input. Dalam simbol ini, kita dapat menuliskan operasi-operasi yang dikenakan pada input, maupun operasi lainnya. Sama seperti aturan pada simbol input, penulisan dapat dilakukan secara satu per satu maupun secara keseluruhan.

2.Symbol Manual Operation

Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer.Untuk proses atau operasi yang dilakukan secara manual (tidak melibatkan komputer), dalam flow chart digambarkan dengan trapesium. Anda dapat menggunakannya untuk menggambarkan proses seperti mengisi formulir atau memeriksa dokumen.

3.Symbol Decision
    
Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi.Proses /Langkah dimana perlu adanya keputusan atau adanya kondisi tertentu. Di titik ini selalu ada dua keluaran untuk melanjutkan aliran kondisi yang berbeda.


4.Symbol Predefined Process           
 
Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.


5.Symbol Terminal 


Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program.Menunjukkan awal atau akhir sebuah proses.Simbol untuk menunjukkan awal atau akhir dari aliran proses.Umumnya, diberi kata-kata ‘Start’, ‘End’, ‘Mulai’, atau ‘Selesai’.

6.Connector Symbol.

   Simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan proses pada lembar / halaman yang berbeda.Simbol konektor digunakan pada waktu menghubungkan suatu langkah dengan langkah lain dalam sebuah flowchart dengan keadaan on page atau off page. On page connector digunakan untuk menghubungkan suatu langkah dengan langkah lain dari flowchart dalam satu halaman, sedangkan off page connector digunakan untuk menghubungkan suatu langkah dengan langkah lain dari flowchart dalam halaman yang berbeda. Connector ini biasanya dipakai saat media yang kita gunakan untuk menggambar flowchart tidak cukup luas untuk memuat gambar secara utuh, jadi perlu dipisahpisahkan. Dalam sepasang connector biasanya diberi label tertentu yang sama agar lebih mudah diketahui pasangannya.



Sumber : http://affanoer.blogspot.com/2012/01/simbol-flowchart-dan-artinya.html
               http://eriskusnadi.wordpress.com/2012/09/22/standar-simbol-simbol-flowchart-dan- penggunaannya/
               http://insidemain.wordpress.com/2012/03/11/arti-simbol-dalam-flow-chart/


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar