Senin, 11 Maret 2013

Tempat wisata Favorit

HIKING SEMERU

Semeru adalah gunung tertinggi dipulau jawa,yang berada diprovinsi jawa timur kota Lumajang,gunung yang mempunyai ketinggian 3676 ini termasuk gunung yang masih aktif,karena itu bagi pendaki yang ingin melakukan pendakian di puncak mahameru hanya diberikan waktu sampai dengan pukul 09.00 pagi karena jika sudah siang awan panas akan keluar.

Tepat pada tanggal 1 september 2012 setelah lebaran saya bersama MAPA GUNADARMA dan SNAP GUNADARMA mengadakan hiking ke gunung semeru dengan 30 orang peserta,kami berangakat dari kampus E,Kelapa Dua.Pendakian ke semeru ini memang sangat saya tunggu-tunggu sejak lama "kapan saya bisa pergi ke puncak mahameru yang tertinggi di tanah jawa.Kami berangkat menggunakan kereta api ekonomi jurusan Malang dari stasiun Pasar Senen pada jam 2 siang.
         Perjalanan menuju kota Malang sangat lama,seharian kami semua hanya terdiam di dalam kereta sambil bermain kartu remi bersama mahasiswa lainnya.Tepat jam 10 pagi kami tiba di stasiun Malang,kami semua beristirahat dahulu sebentar di stasiun untuk mengumpulkan anggota lainnya.Tumpang adalah kota selanjutnya untuk melanjutkan perjalanan kami semua menuju gunung semeru,kami menyewa dua angkutan mobil untuk menuju ke kota tumpang,perjalanan menuju kota tumpang kira-kira 45 menit dari stasiun malang.
   Tiba di kota Tumpang kami semua  menyewa 2 truck pasir sebagai angkutan kami menuju Ranupane,itulah desa yang menjadi titik awal kita dalam pendakian.Sepanjang perjalanan kami menuju desa ranupane disuguhkan pemandangan yang sangat indah dikanan dan kiri.Jalanan menuju memang pertamanya cukup bagus,tapi selepas rumah-rumah warga dan memasuki hutan,jalanan semakin berkelok-kelok dan rusak.Akhirnya kami semua tiba di desa Ranupane pada jm 3 sore,kami langgsung menuju rumah untuk bermalam kami semua sebelum melanjutkan perjalanan kami esok hari.
     Suhu malam hari di Ranupane terasa sangat dingin sekali,sehingga kami semua harus membuat api unggun untuk menghangatkan kami semua.Tepat jam 9 pagi kami semua melanjutkan perjalanan meniju puncak mahameru,perjalanan dibagi menjadi lima kelompok,1 kelompok terdiri dari 6 orang,saya berada dikelompok ketiga bersama mahasiswa jurusan sistem informasi.Target pertama kami adalah menuju danau Ranu kumbolo,itulah pos bermalam pertama kami untuk menuju puncak mahameru,perjalanan menuju ranu kumbolo membutuhkan waktu 5 jam dengan melalui 4 pos.Selama perjalanan menuju ranu kumbolo kami melewati hutan-hutan yamg masih cukup hijau,kanan kiri kami jurang yang jika salah melangkah mungkin kami sudah tersesat.Tiba dipos 4 kami semua beristirahat cukup lama disini sambil mengambil foto-foto karena pemandangan yang disuguhkan begitu indah,dari pos inilah kita dapat melihat keindahan danau Ranukumbolo yang berada diketinggian 2400 mdpl.
     Indah itulah kata yang sangat cocok untuk melukiskan indahnya ranukumbolo,kami semua tiba kira-kira jam 4 sore,kami semua langgsung mendirikan tenda,sebelum langit gelap,karena jika sudah suhu cuaca sampai menembus  -5 sampai -20 derajat celcius.Perjalanan pun dilanjutkan setelah bermalam di Ranukumbolo,kami semua membereskan tenda-tenda dan carier masing-masing.Setelah semuanya selesai kami melakukan pemanasan olahraga sedikit dan berdoa,dan tentunya tidak lupa untuk berfoto bareng.

Kalimati adalah pos selanjutnya untuk bermalam setelah ranukumbolo,disanalah kita akan menemui banyak bunga edelweis yang sangat indah dan abadi.Dalam perjalanan menuju Kalimati kita akan melewati tanjakan cinta,oro-oro ombo,cemoro kandang dan jambangan baru sampailah di pos kalimati.Tanjakan cinta adalah medan pertama yang harus dilalui pertama setelah dari ranukumbolo,konon katanya jika melewati tanjakan tersebut tanpa melihat kebelakang dan berhenti sambil memikirkan wanita yang anda impikan akan tercapai,entahlah itu benar atau tidak.

Selepas tanjakan cinta yang begitu berat kami melewati oro-oro ombo,dimana kita melewati padang ilalang yang sangat tinggi di kanan dan kiri,dari sini puncak mahameru sudah terasa amat jelas sekali.

Keluar dari oro-oro ombo kami memasuki pos cemoro kandang,dimana dihutan itu kami banyak menemui pohon cemara dan pinus,perjalanan dari cemoro kandang sangat berat karena medannya yang terus mendaki sepanjang 3km menuju pos jambangan,harap berhati-hati di jalur ini ikuti jalur yang sudah ditandai oleh pendaki lain.Setelah melewati cemoro kandang kami sampai di pos  jambangan yang berada di ketinggian 2600 mdpl dari sinilah puncak mahameru terlihat begitu jelasnya karena tepat berada dibelakang saya.

Dari jambangan menuju kalimati kami melewati banyak tumbuhan-tumbuhan edelweis,jarak dari jambangan menuju kalimati adalah 2 km,dan jalur yang dilalui adalah turunan.Tepat pada jam 4 sore kami samapai sampai dipos Kalimati,kami pun langgsung mendirikan tenda dan sebagian ada yang mencari kayu untuk dibakar dan sebagian lagi mengambil air.Selesai mengerjakan semua,saya menyempatkan diri untuk memfoto indahnya bunga-bunga edelweis,karena jarang ada kesempatan seperti ini.

Setelah membuat api unggun seluruh anggota pendakian merapakan untuk langkah selanjutnya yaitu menuju puncak mahameru.Tepat pada jm 10 malam,kami semua bangun untuk melanjutkan perjalan menuju puncak mahameru,jarak antara pos kalimati dan punacak mahameru adalah 2,7 km dengan melalui jalur yang sangat extreme.Dalam perjalan menuju puncak mahameru kita tidak diperbolehkan membawa carier karena jalur yang akan dilalui sangat berbahaya jika membawa barang bawaan berat,jadi semua barang-barang dan tenda ditinggal di dalam tenda.Perjalanan akan memakan waktu 6 jam tergantung fisik para pendaki,karena untuk melihat sunrise yang begitu indah dipuncak mahameru maka itu kita harus berjalan malam hari.sepanjang perjalanan harus jalan merangkak perlahan dan usahakan agar tidak menginjak batu-batu yang besar karena berbahaya bagi pendaki yang berada dibawahnya.

Gunung Semeru adalah temapat favorit saya untuk berwisata,meskipun jalurnya yang dilewati begitu berat tapi keindahan yang diberikan tidak ternilai.Kelak jika saya sudah wisuda saya berniat mendaki gunung ini sekali lagi dengan memakai pakaian wisuda.Terimakasih Mahameru,Ranukumbolo dan teman-teman,Selamat mendaki.Salam Lestari.